Cara Membuat Sertifikasi Halal secara Online, UMKM Wajib Tahu
Cara Membuat Sertifikasi Halal secara Online, UMKM Wajib Tahu
Cara Membuat Sertifikasi Halal secara Online, UMKM Wajib Tahu

Bagikan:

Banner-BBI

Gaya hidup halal dan thayibban mulai menjadi tren di dunia seiring perkembangan industri halal global serta peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Kehalalan kini tidak sekadar terkait budaya atau agama, akan tetapi sudah menjadi bagian dari perluasan segmentasi pasar internasional.

Selandia Baru misalnya, menjadi salah satu pengekspor daging halal terbesar di dunia, Thailand mengklaim negaranya sebagai Halal Kitchen of The World, Korea sebagai World’s Main Destination of Halal Tourism, China sebagai the Highest Modest (Halal) Clothing Export, Brazil sebagai the Largest Supplier of Halal Poultry, serta Inggris sebagai Islamic Finance Hub of the West.

Indonesia sendiri memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemain utama dalam sektor industri halal khususnya menjadi produsen produk halal terbesar di dunia.

Pasar halal domestik yang kuat didukung oleh populasi muslim yang besar. Sementara potensi produk halal di dalam negeri diharapkan dapat memperkuat pasar industri halal Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga : Cara Membuat NIB secara Online, UMKM Wajib Tahu!

Industri halal sendiri merupakan industri yang aktivitasnya bertumpu pada penyediaan barang dan jasa sesuai aturan syariah Islam. Sebuah produk dikatakan halal apabila semua tahapan produksi hingga distribusi terjamin kehalalannya.

Untuk mengakselerasi perwujudan visi Indonesia sebagai produsen halal terkemuka di dunia, Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNEKS) telah merumuskan tiga belas program kerja prioritas yang terbagi dalam empat kluster pengembangan, yaitu industri halal, industri keuangan syariah, dana sosial syariah, dan kegiatan usaha syariah.

Akselerasi sertifikasi halal menjadi salah satu strategi pengembangan industri halal melalui sinergi erat antarpemangku kebijakan yang berada dalam wadah KNEKS maupun pemangku kepentingan dan mitra strategis lainnya serta dukungan seluruh komponen masyarakat.

Cara Membuat Sertifikasi Halal secara Online, UMKM Wajib Tahu

Dalam ekosistem rantai nilai halal, sertifikasi halal merupakan salah satu instrumen penting untuk memberikan kepastian jaminan keamanan dan kehalalan suatu produk kepada masyarakat.

Melalui Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2013 tentang Jaminan Produk Halal (JPH), negara mewajibkan setiap pelaku usaha untuk memproduksi dan mengedarkan produk halal atau mencantumkan secara tegas keterangan tidak halal pada kemasan produk apabila menggunakan bahan yang diharamkan.

Kenapa sih sertifikat halal diperlukan? Produkku sudah halal kok

Karena mayoritas masyarakat Indonesia memeluk agama Islam, dan kalo kamu punya sertifikat halal maka masyarakat akan lebih percaya pada produk kamu.

Selain itu, sertifikat halal adalah salah satu syarat bagi pengusaha untuk memasarkan dan mengedarkan produk yang dimiliki. Ini sudah sesuai sama aturan tentang sertifikat halal dalam Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Kalo produk kosmetik perlu sertifikat halal juga nggak?

Perlu dong! Selain kosmetik, makanan, minuman, obat, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat, semua itu perlu memiliki sertifikat halal dari MUI.

Terus bagaimana alur proses sertifikasi halal ?

  1. Pelaku usaha melakukan permohonan sertifikasi halal. Untuk pendaftarannya bisa mengakses ptsp.halal.go.id sebelum melelakuka pendaftaran sahabat umkm terlebih dahulu mendaftar NIB cara online  kunjungi situs https://oss.go.id/  jika sahabat belum ada NIB bisa mengikuti cara pendaftarannya klik disini atau bisa baca artikel kami sebelumnya.
  2. BPJPH nantinya akan mengecek kelengkapan dokumen dan menetapkan lembaga pemeriksa halal
  3. LPH kemudian akan memeriksa dan menguji kehalalan produk
  4. Setelah itu MUI menetapkan kehalalan produk melalui Sidang Fatwa Halal
  5. Nantinya BPJPH akan menerbitkan Sertifikat Halal.
Cara Membuat Sertifikasi Halal secara Online, UMKM Wajib Tahu
Cara Membuat Sertifikasi Halal secara Online, UMKM Wajib Tahu

Masih bingung? Tenang, kamu bisa simak video panduan terkait pendaftaran sebagai berikut

Produk Yang Dicari

Baju Kemeja Cap Tulis Kombinasi
Baju Kemeja Cap Tuli...
Rp. 600.000

0 Terlihat

Baju Tunik Cap Tulis Kombinasi
Baju Tunik Cap Tulis...
Rp. 600.000

0 Terlihat

Bahan Batik Cap Tulis + Jahit Baju Cewek dan Cowok
Bahan Batik Cap Tuli...
Rp. 450.000

0 Terlihat

BATIK CAP TULIS FULL
BATIK CAP TULIS FULL
Rp. 300.000

0 Terlihat

BATIK CAP TULIS Kombinasi
BATIK CAP TULIS Komb...
Rp. 200.000

0 Terlihat

BATIK CAP TULIS FULL
BATIK CAP TULIS FULL
Rp. 300.000

0 Terlihat

Artikel Lainnya

Ekonomi
UMKM Bengkulu Menuju Pasar Global
2023-12-08 08:53:28
Produk Umkm
Cara Membuat Sertifikasi Halal s...
2023-11-25 16:11:36
Inspirasi
Cara Membuat NIB secara Online, ...
2023-11-25 09:51:07
Inspirasi
HUT Provinsi Bengkulu ke-55 duku...
2023-11-19 02:17:24
Event umkm
Expo UMKM tahun 2023 di Bencoole...
2023-10-21 06:33:22
Inspirasi
Sungguh Indah ciptaan-MU
2023-10-17 17:07:56

Buat Toko di umkm Bengkulu hanya butuh waktu 5 menit!

Belum punya akun? Daftar